Call: 0123456789 | Email: info@example.com

Serba-Serbi Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif


Serba-Serbi Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif

Serba-Serbi Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif

ctcefour.com – Holistik merupakan hubungan dengan sistem keseluruhan sebagai kesatuan lebih dibandingkan sekadar kumpulan bagian. Sementara itu, integral diartikan tidak terpisahkan atau pun terpadu, lalu integrasi merupakan berpadu atau pun bergabung agar jadi kesatuan yang utuh. Jadi, pengembangan anak usia dini holistic dan juga integrative ini merupakan pengembangan anak usia dini yang telah dilakukan berdasar pemahaman untuk dapat memenuhi kebutuhan esensial sih anak yang sangat Beragam serta saling berkaitan secara simultan dan juga sistimatis.

Serba-Serbi Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif

Selain itu, dalam konteks pendidikan anak usia dini tersebut, direktorat pembinaan PAUD (pendidikan anak usia dini) memberikan pengertian bahwasannya holistic adalah penangan anak usia dini yang menyeluruh atau utuh yang mencakup layanan gizi serta kesehatan, pendidikan dan juga pengasuhan maupun perlindungan untuk dapat mengoptimalkan aspek perkembangan bagi anak. Sedangkan untuk integrative adalah penanganan anak suia dini yang dilakukan secara terpadu bagi berbagai pemangku kepentingan pada tingkat masyarakat pemerintah daerah dan juga pusat.

Pengembangan pendidikan anak usia dini holistic dan integrative

Study kebikakan pengembangan anak pada usia dini holistic dan juga intergratif ini dilakukan oleh kementrian Negara perencaan pembanguan yang menyatakan bahwasannya pengembangan anak usia dini tersebut secara menyeluruh atau holistic mencakup kesehatan dasar, gizi, dan juga pengembangan emosi pada anak serta intelektual anak harus dilakukan dengan baik, sebab sangat menentukan perjalanan hidupnya di kemudian hari. Masa usia dini pada anak adalah masa kritis tumbuh kembang sih anak yang nantinya akan menentukan perkembangan anak di tahap selanjutnya. Semua dimensi dari pengembangan akan tumbuh dan juga berkembang, saling berpengaruh, serta dipengaruh satu dan lainnya. Untuk itulah, anak butuh stimulasi holistic yang meliputi stumulasi pendidikan, gizi, kesehatan, dan psikososial.

Laporan dari hasil study oleh Bappenas tahun 2006 menyebutkan bahwasannya beberapa ciri dari pendidikan anak suia dini holistic meliputi memberi pelayanan yang komprehensif, diantaranya stimulasi pada anak, pendidikan orangtua, dan juga pendidikan secara dini yang dilakukan di rumah maupun di pusat pelayanan serta pendidikan kesehatan maupun gizi, penyediaan sanitasi dengan baik, perlindungan hukum pada perlakukan yang salah terhadap anak termasuk halnya eksploitasi atau pun  kekerasan.

Nama Tarian Tradisional Pengembangan anak di usia dini yang holistic ini juga berciri khas dengan adanya pelayanan yang berkesinambungan, yang mana dalam hal yang satu ini, sistem pelayanan haruslah terkoordinasi dan juga terintegrasidengan baik serta bisa memberikan pelayanan yang berkelanjutan dari sebelum anak dilahirkan sampai usia 8 tahun. Ciri yang lainnya dari pelayanan pendidikan anak usia dini holistic tersebut adalah adanya pendidikan bagi para orangtua dan juga pengasuh, serta keterlibatannya masyarakat.

Demikianlah serba-serbi pengembangan anak usia dini holistic integratif yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: